Sebagian orang khususnya mahasiswa menganggap coding itu sulit. Bahkan banyak mahasiswa khususnya mahasiswa ilmu komputer yang tidak bisa coding dan menganggap dirinya lemah dalam hal pemrograman. Padahal coding adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh sarjana komputer. Tanpa coding sarjana komputer ibarat sarjana tanpa ijazah. Tidak berlebihan jika saya katakan coding adalah identitas seorang sarjana komputer.

Mungkin itu sebabnya dikampus manapun yang membuka jurusan ilmu komputer, baik teknik informatika, sistem informasi, manajemen informatika dan lainnya, mata kuliah pemrograman pasti mendapat porsi yang lebih besar dibanding dengan mata kulliah lain. Bahkan sejak tingkat awal sudah diperkenalkan dengan mata kuliah dasar pemrograman yaitu algoritma.

Kalau dari awal sudah dikenalkan pemrograman dan secara bertahap diajarkan dalam kampus sesuai dengan jenjang hirarki mata kuliah, kenapa masih banyak mahasiswa yang menganggap coding itu sulit?. Penyebab masalah sulitnya coding pada mahasiswa harus segera di carikan solusi. Paling tidak hal ini harus dianalisa dari tiga sisi. yaitu:

1. Sisi kurikulum

Apakah kurikulum yang digunkan sudah sesuai dengan standard, minimal standard yang di tentukan oleh aptikom selaku badan yang membawahi perguruan tinggi ilmu komputer. Gunakan kurikulum yang tidak terlalu memberatkan mahsiswa tapi tetap tepat guna dan efisien dalam mengisi kemampuan dan skil mahasiswa.

2. Sisi Dosen

Apakah dosen yang mengajar ilmu pemrograman sudah memperhatikan efektivitas penyampaian materi pada para mahasiswa. Para dosen harus menerangkan dengan bahasa manusia agar mudah dimengerti oleh mahsiswa. Gunakan berbagai media yang dapat digunakan untuk membantu memahamkan materi pada mahasiswa. Jangan hanya mengandalkan tatap muka di kelas.

3. Sisi Mahasiswa

Mahasiswa harus proaktif dalam belajar. Penyakit yang paling banyak dialami mahasiswa indonesia adalah kurangnya kemauan untuk melatih diri. Skill coding adalah kemampuan yang hanya bisa diraih dengan banyak berlatih, bukan hanya dengan pemahaman teori. Itulah sebabnya belajar coding haruslah di lab komputer bukan di kelas. Sepaham apapun mahasiswa tetang bahasa pemrograman sampai diluar kepala, bahkan diluarnya lagi sekalipun tidak akan banyak berguna kalau tidak pernah latihan. Ibarat seorang anak yang akan belajar sepeda, selain dia haarus tahu teori tentang naik sepeda, yang paling penting sebenarnya adalah latihan naik sepeda. Tanpa latiha, sampai ular tumbuh bulu pun dia tidak akan bisa naik sepeda.

Latihan coding zaman sekarang bukanlah cara yang sulit. Banyak sekali media yang bisa digunakan untuk latihan. Jutaan contoh coding bertebaran di internet siap didownload, video berbagai tutorial pemgrograman siap ditonton dan dipraktekan, bahkan jutaan ebook gratis bisa didapat dari internet. Intinya adalah tidak ada alasan tidak bisa latihan coding. Asal ada kemauan, skill coding yang mumpuni pasti bisa didapat. Yang dibutuhkan hanya kesabaran berlatih. Banyak diskusi dengan teman, dan bertanya pada yang sudah mahir akan mempercepat pemahaman dan kemampuan coding.

Apakah anda masih mengaggap coding itu sulit?